Temulawak dipercaya dapat menambah nafsu makan anak. Buktinya sekarang banyak beredar produk penambah nafsu makan anak yang berbahan dasar temulawak. Fenomena tersebut diakibatkan adanya zat aktif curcumin di dalam temulawak yang bisa meningkatkan kegiatan enzim percernaan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan zat yang terkandung dalam temulawak bisa optimal. Contohnya komposisi dan jenis makanan yang dihidangkan, keadaan mood balita, atau penyakit yang tengah dideritanya. Jadi pemberian temulawak bukan merupakan hal utama untuk menciptakan nafsu makannya meningkat.

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk anak-anak. Obat herbal ini terbuat dari tumbuhan tropis yang banyak tumbuh di Indonesia sebagai komposisi utamanya. Salah satunya manfaatnya bisa digunakan sebagai bahan jamu tradisional, yang telah dipakai secara turun temurun. Berikut ini manfaat temulawak lainnya dari tanaman herbal yang memiliki wewangian yang khas ini:

Penambah Nafsu Makan

Seringkali semua orang tua mengeluhkan anak-anak menjadi sulit untuk makan, dan lebih memilih santap makanan enteng yang nutrisinya masih diragukan. Temulawak ini sudah dikenal semenjak dulu sebagai satu teknik mengatasi balita susah santap secara alami. Dan seringkali dipergunakan sebagai bahan untuk penciptaan jamu penambah nafsu makan, baik berupa bubuk maupun minuman dalam botol.

Memperlancar Produksi ASI

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab tidak cukup lancarnya buatan ASI, contohnya saja karena teknik menyusui bayi yang tidak cukup tepat pun pemberian susu formula. Meskipun guna susu formulauntuk bayi pun sangat banyak, tetapi sesungguhnya tak terdapat yang dapat menyamai kandungan dalam ASI. Ibu menyusui yang teratur mengkonsumsi temulawak, akan mendapat manfaatnya yang dapat memperlancar pruduksi ASI.

Makanan Pendamping ASI

Tanaman herbal yang bisa tumbuh subur di wilayah tropis ini mempunyai kandungan karbohidrat yang pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Yang dimanfaatkan ialah pati dari tumbuhan tersebut yang lantas dapat di masak menjadi bubur.

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Kandungan antioksidan dalam senyawa curcumin dapat meregenerasi sel dengan cepat sampai-sampai terhindar kehancuran yang dapat menciptakan tubuh melemah. Hal itu sangatlah urgen demi perkembangan serta pertumbuhan anak dimasa depan dan menambah kekebalan tubuh anak.

Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Nyamuk, sampai saat ini masih menjadi mimpi buruk yang lumayan menakutkan, sebab tidak sedikit penykit yang dapat dimunculkan hanya dengan satu gigitan kecil dari hewan kecil tersebut, misalnya demam berdarah dan pun malaria. Kandungan minyak atsiri dalam temulawak mempunyai kandungan linelool yang tan fermasuk ke dalam kelompok fenil alkohol atau tidak jarang disebut fenol yang memiliki faedah sebagai pengusir nyamuk, sebab mempunyai daya repellent khususnya pada jenin Aedes aegepti.

Menjaga Fungsi Empedu dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Curcumin dalam temulawak mempunyai sifat hepototoksik yang menangkal terjadinya keracunan pada kantung empedu serta menstimulasi fungsinya supaya lebih produktif. Dari riset yang dilakukan, para berpengalaman mengungkapkan bahwa temulawak mempunyai efek farmakologi salah satunya yakni mempunyai sifat laksatif atau pencahar. Ini kenapa para orang tua semenjak jaman dulu memakai tanaman herbal ini sebagai satu teknik mengatasi anak sulit bab secara alami.

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Satu lagi sifat farmakologi yang dipunyai temulawak ini ialah sebagai hepatoprotektor, yakni mengayomi organ hati dari resiko kehancuran maupun penyakit yang barangkali menyerang organ hati. Sebagaimana yang anda ketahui faedah utama dari organ tersebut lumayan vital untuk kinerja tubuh secara menyeluruh. Satu diantaranya sebagai penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh.

Mencegah Peradangan Pada Mata

Berdasarkan keterangan dari sebuah penelitian, para berpengalaman mengungkapkan bahwa kandungan curcumin yang terdapat di dalam tumbuhan herbal ini mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat menangani uvetitis. Penyakit itu adalah peradangan yang terjadi pada unsur mata. Penelitian yang dibuntuti oleh 32 orang yang mempunyai uveitis kronik anterior tersebut, diperoleh sebuah hasil bahwa kandungan curcumin dalam temulawak sama efektifnya dengan pemberian kortikosteroid atau obat-obatan sintetis.

Melancarkan Buang Air Kecil

Salah satu dari tanda tanda bayi dehidrasi merupakan berkurangnya volume buang air kecil. Selain sebab dehidrasi kurangnya volume BAK pun mungkin sekali karena diakibatkan adanya infeksi pada drainase kencing yang umum dirasakan anak-anak. Tentunya urusan itu dapat mengganggu kegiatan anak karena lumayan menggaggu. Manfaat urgen lainnya yang juga dipunyai temulawak ialah mempunyai sifat diuretik atau melancarkan buang air kecil. Tentu ini dapat dipakai sebagai obat alami untuk menanggulangi keluhan-keluhan tersebut sebab sifat diuretik yang milikinya.